Monday, March 11, 2019

7 KEINDAHAN PULAU BALI SURGANYA INDONESIA (Paradise of Indonesian)

Sejarah Pulau Bali

Menurut buku yang ditulis oleh I Ketut Wiana, beliau merupakan penulis buku agama hindu dan sekaligus penceramah, dan buku yang dihasilkan berjudul Mengapa Bali Disebut Bali?. Di dalam buku tersebut, I Ketut Wiana menjelasakan arti atau makna dari kata Bali sendiri, yaitu Bali merupakan wujud harapan para nenek moyang atau leluhur yang dahulu pertama kali menemukan pulau mungil ini.
https://7faktaunikk.blogspot.com/
Nama Bali sendiri sampai saat ini sulit sekali ditelusuri asal muasalnya. Akan tetapi, beberapa peneliti menemukan beberapa prasasti yang menyebutkan asal muasal nama Bali. Prasasti tersebut, diduga berasal pada jaman Raja Jayapangsu, dan diantaranya prasasti Buahan D ( 1103 Saka ). Dalam prasasti Buahan D tersebut ditemukan kata - kata atau kalimat yang berbunyi “…..pinaka pangupajiwaning jiwa jiwa wardhana ring Bali Dwipa”. Dimana kalimat tadi mempunyai arti kata sumber penghidupan demi pertumbuhan setiap penduduk di Pulau Bali.


1. Air Terjun Aling-Aling

Air Terjun Aling-Aling
Bagi sobat traveler yang sedang mencari air terjun terindah di Bali bisa berkunjung ke air terjun Aling-Aling. Lokasinya berada di Jl. Raya Desa Sambangan, Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.
Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 35 m ini terbilang unik karena dari puncaknya air jatuh terpecah menjadi dua terjunan yang berdampingan. Air terjun yang sebelah kanan memiliki debit yang lebih besar dibandingkan yang sebelah kirinya.
Tebing-tebing tinggi dengan pepohonan yang rimbun disekililingnya menambah kecantikan air terjun Aling-Aling. Di bawah air terjun ini terdapat cekungan kolam yang cukup dalam sekitar 4 m. Kolam ini dapat digunakan untuk berendam dan berenang. Namun Anda wajib hati-hati!
Harga tiket masuk ke air terjun Aling-Aling nampaknya belum ada tarif resmi, hanya sekedar iuran sukarela. Ketika Anda berkunjung kesini, jangan sampai melewatkan untuk berfoto dengan latar air terjun yang cantik dan indah.
Lokasi dan Alamat : Jl. Raya Desa Sambangan, Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
Harga Tiket Masuk : Iuran Sukarela

2. Air Terjun Kanto Lampo

Air-Terjun-Kanto-Lampo

Selain pantai, Bali juga punya air terjun yang sangat indah menawan. Salah satu tempat wisata air terjun di Bali terbaru yang lagi hits adalah Air Terjun Kanto Lampo. Air terjun ini terletak di Banjar Kelod Kangin, Kelurahan Beng, Kabupaten Gianyar, Bali atau berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Denpasar.
Keistimewaan tempat wisata di Bali terbaru yang satu ini adalah adanya bebatuan hitam yang tersusun acak. Hal ini menyebabkan air yang jatuh menghantam bebatuan hitam tersebut menghasilkan cipratan air dari segala sisi sehingga menghasilkan keindahan yang sangat mempesona.
Suasananya juga masih asri dan sejuk dengan dikelilingi hutan alami. Airnya masih jernih dan bersih, cocok sebagai tempat melepas penat. Aktivitas yang tak boleh anda lewatkan disini tentu saja berfoto dengan latar air terjun Kanto Lampo. Spotnya sangat instagramable banget, apalagi jika sambil basah-basahan dibawah guyuran air terjun. Sempurna banget deh.
Fasilitas yang ada di objek wisata baru ini terbilang cukup memadai. Di dekat tangga, terdapat ruang ganti sederhana bagi pengunjung wanita dan pria. Dalam ruang ganti terdapat bak berisi air yang berasal dari sumber mata air. Parkir yang disediakan cukup luas sehingga pengunjung yang membawa kendaraan roda empat bisa dengan mudah memarkirkan kendaraannya.
Di dekat area parkir, terdapat pedagang yang menjual minuman dan makanan ringan. Beberapa pemuda berjaga di sebuah bale sederhana untuk membantu atau memberikan informasi kepada pengunjung. Harga tiket masuk ke objek wisata alam ini sebesar Rp 5.000,- saja. Murah meriah banget bukan?

Lokasi Dan Alamat : Banjar Kelod Kangin, Kelurahan Beng, Kabupaten Gianyar, Bali
Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000,-

3. Angel’s Billabong

Angels-Billabong

Angel’s Billabong adalah sebuah muara sungai yang terletak di Nusa Penida. Muara sungai ini memiliki permukaan air yang tenang dan jernih serta cerukan yang membentuk kolam-kolam alam yang luar biasa cantik. Siapapun pasti akan langsung ingin nyebur dan berendam seharian disini. Airnya begitu jernih dan segar, pas banget untuk Anda yang lelah setelah seharian berkeliling Nusa Penida.
Untuk dapat menuju ke tempat wisata di Bali terbaru ini tidaklah sulit. Anda cukup datang ke daerah Kabupaten Klungkung, lalu menyebrangi selat Badung untuk menuju ke Nusa Penida. Hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja dengan menaiki speedboad dari sanur, Anda akan langsung sampai ke tempat wisata tersebut.
Waktu penyeberangan dengan kapal speedboad akan dimulai dari pagi hari sekitar pukul 07.30 hingga sore hari pukul 16.00 WITA. Jadi jika sudah melewati waktu tersebut tidak ada kapal lagi yang menyeberang menuju tempat wisata tersebut. Untuk menaiki kapal speedboad tersebut Anda akan dikenakan tariff sebesar Rp. 75.000,-/orang.
Lokasi Dan Alamat : Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida
Harga Tiket Masuk :

4. Pantai Batu Belig

Pantai-Batu-Belig

Ini dia pantai baru di Bali yang lagi hits dikalangan wisatawan untuk melihat sunset, namanya Pantai Batu Belig. Pantai ini memang belum sepopuler Pantai Kuta, namun justru itulah yang menjadi keunggulannya. Anda bisa menikmati sunset dengan penuh ketenangan dan rasa nyaman.
Pantai Batu Belig sendiri memiliki kontur yang landai. Bibir pantainya hampir sejajar dengan jalan raya. Namun tenang saja, garis pasang surutnya lumayan jauh, jadi cukup aman untuk traveler. Pasirnya juga lembut dan empuk sehingga nyaman untuk dipakai berjalan kaki dan main pasir.
Menikmati momen golden sunset yang romantis di Batu Belig memang paling cocok dilakukan bersama pasangan (istri). Anda bisa menikmati momen sunset di Batu Belig dari tepi pantai, atau dari beberapa restoran dan kafe yang bertebaran di sepanjang jalan. Duduk-duduk saja di kursi berpayung yang telah disediakan dan nikmatilah momen sunset tenggelam yang romantis bersama pasangan. Dunia serasa milik berdua saja!
Lokasi Dan Alamat : Jl Pantai Batu Belig, Seminyak, Bali
Harga Tiket Masuk :

5. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa
Menikmati pantai Pandawa melalui tempat beristirahat berupa kursi kayu yang dilengkapi dengan payung teduh.

Pantai Pandawa termasuk salah satu tempat wisata pantai pasir putih di Bali terbaru yang lagi ngehits akhir-akhir ini. Pantai pasir putihnya yang bersih dan kondisinya yang tidak ramai, menarik banyak wisatawan untuk datang. Hamparan pasir putih, gradasi air laut, serta awan putih yang berpadu dengan langit biru. Itulah gambaran pantai ini.
Ternyata pantai ini lebih dikenal sebagai Pantai Kutuh oleh masyarakat sekitar. Masuk kawasan Pantai Pandawa dikenakan biaya retribusi Rp 8.000/ orang. Aneka permainan pantai bisa dilakukan di sini. Surfing, berenang, atau duduk-duduk di pinggiran pantai. Sepanjang tepi pantai ada penjual makanan, Anda bisa langsung memesannya.
Pantai Pandawa dapat ditempuh sekitar satu jam dari Bandara Ngurah Rai. Perjalanan dapat diarahkan dari Kuta menuju Garuda Wastu Kencana kemudian belok kiri menuju Nusa Dua atau Bali Cliff. Anda hanya perlu memerhatikan penunjuk arah bertuliskan “Pantai Pandawa” untuk belok kiri hingga tiba di perempatan dan mengikuti jalurnya akhirnya tiba di kawasan Pantai Pandawa.
Lokasi Dan Alamat : Desa Kutuh, Kuta Selatan, Badung, Bali
Harga Tiket Masuk : Rp. 8.000,-

6. Cliff Jump Point Nusa Ceningan

Cliff Jump Point Nusa Ceningan
Cliff Jump Point Nusa Ceningan.

Tak hanya bersantai di tepi pantai, traveler muda yang liburan di Bali juga bisa mencoba berbagai wisata ekstrem. Di Nusa Ceningan, ada sebuah tempat dimana traveler bisa terjun bebas dari tebing yang curam ke laut. Berani coba?
Nusa Ceningan merupakan sebuah pulau kecil di Kabupaten Klungkung, Bali. Aneka jenis wisata bisa dinikmati para traveler di sini, termasuk cliff jumping atau lompat dari tebing langsung ke laut di Cliff Jump Point. Aktivitas ekstrem ini cukup populer di kalangan turis lokal dan mancanegara pecinta uji nyali.
Cliff jumping bisa dilakukan di Blue Lagoon, Nusa Ceningan. Lokasinya ada di sisi barat pulau. Di sekitar Blue Lagoon memang penuh dengan tebing yang cukup curam, tapi tetap menampilkan keindahan yang mempesona.
Dari tebing itulah wisatawan bisa menjajal sensasi terjun bebas dari tebing yang curam. Untuk mencobanya, Anda bisa naik ke atas tebing dan langsung saja melompat ke bawah. Adrenalin pasti langsung akan terpacu ketika bersiap melompat dari pinggir tebing.
Sebelum melompat, sebaiknya Anda bertanya dulu pada penjaga di kawasan itu, apakah cuaca dan keadaan ombak memungkinkan untuk melompat. Anda juga harus berhati-hati agar tidak menabrak tebing dan terluka ketika menjajal aktivitas ekstrem tersebut.
Lokasi Dan Alamat : Nusa Ceningan, Kabupaten Klungkung, Bali
Harga Tiket Masuk :

7. Surf And Turf Nusa Dua

Surf And Turf Nusa Dua
Surf And Turf Nusa Dua.

Ini dia tempat wisata di Bali terbaru yang pas banget buat Anda yang ingin belajar surfing, namanya Surf And Turf Nusa Dua. Wahana permainan baru di Bali yang satu ini menawarkan kepada Anda sensasi surfing buatan. Walaupun tak menggunakan ombak, medan slides yang ada cukup menantang.
Surf & Turf Nusa Dua menawarkan Surf Rider yang pertama (juga dikenal dengan Flow Rider) di Bali. Dibuat dengan generator mendorong air melawan permukaan miring, pengendara ditantang untuk berdiri di atas sebuah “gelombang buatan” untuk selama mungking.
Pemula juga dapat memulai dengan body board, dimana Anda cukup berbaring di papan dan mengarahkan menggunakan berat badan anda. Pengguna Surf Riders dapat menggunakan 2 jam per orang, bergantian dengan tamu lain. Tidak diperlukan pengalaman khusus untuk ini dan instruktur selalu di dekat Anda untuk membantu menunjukan teknik yang tepat.
Lokasi Dan Alamat : Kawasan Wisata BTDC, The Bay Lot C-0, Nusa Dua, Bali
Harga Tiket Masuk : Rp. 400.000,- (dewasa) dan Rp. 250.000,- (anak-anak)



No comments:

Post a Comment