Monday, March 11, 2019

7 FAKTA KEINDAHAN LOMBOK YANG WAJIB KAMU KETAHUI

Pulau Lombok

Pulau Lombok (jumlah penduduk pada tahun 2001: 2.722.123 jiwa) adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam "ekor" di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km² menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram.

Sejarah

 
Bentuk lumbung padi khas pulau lombok
Menurut isi Babad Lombok, kerajaan tertua yang pernah berkuasa di pulau ini bernama Kerajaan Laeq (dalam bahasa sasak laeq berarti waktu lampau), namun sumber lain yakni Babad Suwung, menyatakan bahwa kerajaan tertua yang ada di Lombok adalah Kerajaan Suwung yang dibangun dan dipimpin oleh Raja Betara Indera. Kerajaan Suwung kemudian surut dan digantikan oleh Kerajaan Lombok. Pada abad ke-9 hingga abad ke-11 berdiri Kerajaan Sasak yang kemudian dikalahkan oleh salah satu kerajaan yang berasal dari Bali pada masa itu. Beberapa kerajaan lain yang pernah berdiri di pulau Lombok antara lain Pejanggik, Langko, Bayan, Sokong Samarkaton dan Selaparang.
Kerajaan Selaparang sendiri muncul pada dua periode yakni pada abad ke-13 dan abad ke-16. Kerajaan Selaparang pertama adalah kerajaan Hindu dan kekuasaannya berakhir dengan kedatangan ekspedisi Kerajaan Majapahit pada tahun 1357. Kerajaan Selaparang kedua adalah kerajaan Islam dan kekuasaannya berakhir pada tahun 1744 setelah ditaklukkan oleh gabungan pasukan Kerajaan Karangasem dari Bali dan Arya Banjar Getas yang merupakan keluarga kerajaan yang berkhianat terhadap Selaparang karena permasalahan dengan raja Selaparang. Pendudukan Bali ini memunculkan pengaruh kultur Bali yang kuat di sisi barat Lombok, seperti pada tarian serta peninggalan bangunan (misalnya Istana Cakranegara di Ampenan). Baru pada tahun 1894 Lombok terbebas dari pengaruh Karangasem akibat campur tangan Batavia (Hindia Belanda) yang masuk karena pemberontakan orang Sasak mengundang mereka datang. Namun, Lombok kemudian berada di bawah kekuasaan Hindia Belanda secara langsung.[butuh rujukan]
Masuknya Jepang (1942) membuat otomatis Lombok berada di bawah kendali pemerintah pendudukan Jepang wilayah timur. Seusai Perang Dunia II Lombok sempat berada di bawah Negara Indonesia Timur, sebelum kemudian pada tahun 1950 bergabung dengan Republik Indonesia.

1. Taman Nasional Gunung Rinjani

Taman Nasional Gunung Rinjani
Taman Nasional Gunung Rinjani.
Di area sekitar 40.000 hektar, berdiri kokoh gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, yaitu Gunung Rinjani. Terdapat dua jalur pendakian resmi untuk mencapai gunung dengan ketinggian 3.762 mdpl ini. Kamu dapat memilih jalur Senaru di Lombok Utara atau Sembalun di Lombok Timur.
Gunung Rinjani menawarkan pemandangan luar bisa yang menjadi favorit para wisatawan, mulai dari lereng hingga ke puncak tertingginya, yaitu Puncak Dewi Anjani. Jika Semeru memiliki Ranu Kumbolo, di  Rinjani ada Segara Anak. Ingin mencoba pengalaman berkesan lainnya? Kunjungi pemandian air panas alami yang berada tak jauh dari Segara Anak.


2. Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan
Bukit Pergasinga.
Salah satu spot terbaik untuk mengagumi kemegahan Rinjani tanpa harus mendaki hingga ke puncaknya adalah di Bukit Pergasingan. Bukit di sebelah timur Rinjani ini semakin terkenal di kalangan para pendaki maupun wisatawan. Bukit Pergasingan berada di Sembalun, Lombok Timur.
Untuk mencapai bukit ini, kamu membutuhkan waktu perjalanan sekitar 4 jam dari Kota Mataram. Jalur pendakian tak begitu sulit karena kamu akan disediakan ratusan anak tangga yang menuntun ke atas bukit. Selain berfoto dengan latar belakang Rinjani yang menjulang megah, kamu juga bisa menyaksikan kecantikan matahari terbit langsung dari tempat ini.

3. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi.
Pantai Senggigi menjadi ikon, sekaligus magnet wisata utama bagi Lombok. Pantai pasir putih sepanjang 10 kilometer yang membentuk teluk ini berada dekat dari Mataram. Kamu dapat berkendara menempuh perjalanan sekitar 40 menit saja. Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini, sama halnya seperti di Pantai Kuta, Bali.
Di Pantai Senggigi, kamu bisa bermain pasir, berenang, menyaksikan matahari terbenam, hingga snorkeling untuk melihat pemandangan karang bawah laut yang mengagumkan. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas di sekitar pantai, seperti  plecing kangkung dan ayam taliwang, ya!

4. Gili Meno

Gili Meno
Gili Meno.
Gili Meno berada di barat daya Lombok, tepatnya di antara Gili Air dan Gili Trawangan. Kamu bisa mengakses pulau kecil ini dengan speedboat dari Bali atau kapal umum dari Senggigi. Selain untuk tempat berlibur, Gili Meno cocok dijadikan sebagai destinasi honeymoon karena suasana yang tenang dan intim.
Saat berada di sini, kamu pun bisa berjemur, berenang, dan menyelam di perairan yang jernih. Jika tak ingin bermain air, kamu bisa berkunjung ke penangkaran penyu untuk melihat para induk menetaskan tukik (bayi penyu). 

5. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelabu
Air Terjun Benang Kelambu .
Selain Mangkusakti, salah satu air terjun eksotis lainnya yang wajib kamu kunjungi adalah Air Terjun Benang Kelambu. Objek wisata alam ini berada di Aik Berik, Lombok Tengah yang dapat ditempuh selama 1 jam berkendara dari Mataram.
Air Terjun Benang Kelambu terbagi atas beberapa aliran yang bersebelahan dan jatuh di antara hutan belantara. Air terjun ini dinamakan “Benang Kelambu” karena air yang mengalir bak benang tipis berukuran kecil. Oleh karena itu, gemercik air yang terdengar halus dapat menenangkan jiwa dan raga. Destinasi wisata ini cocok untuk kamu yang ingin menyendiri dan melepas penat.
Dengan beragam aktivitas dan tempat wisata yang dimiliki, Lombok wajib menjadi tujuan berlibur kamu selanjutnya. Tunggu apa lagi? Segera atur jadwal berlibur, pesan tiket pesawat dan hotel, buat itinerary, dan kemas barang bawaanmu! Tak lupa, baca terus tulisan di Blog Traveloka untuk mendapatkan informasi paling baru seputar tempat wisata!


6. Segara Anak

Segara Anak
Segara Anak.
Nama Segara Anak pasti sudah tidak asing lagi, terutama bagi para pendaki Gunung Rinjani. Tempat ini merupakan favorit para wisatawan yang ingin bermalam saat melakukan pendakian. Danau vulkan dengan kedalaman 230 meter ini, dulunya merupakan bekas kawah letusan gunung yang kemudian tergenang air, hingga berubah menjadi danau.


7. Gili Trawangan

Gili Trawangan
Gili Trawangan.
Sudah puas dengan keindahan Pantai Senggigi? Jangan dulu! Kamu harus langsung melanjutkan wisata ke Gili Trawangan. Pulau kecil di sekitar Lombok yang terkenal dengan sebutan “Gili T” ini memiliki pemandangan laut yang memukau. Kamu bisa naik kapal umum dari Pelabuhan Bangsal atau sewa speedboat dari Teluk Nare, Senggigi. Bagi yang memiliki bujet terbatas, kapal umum adalah moda transportasi yang paling tepat.
Di Gili Trawangan, kamu pun bisa melakukan beragam aktivitas seru, salah satunya adalah snorkeling. Manjakan mata dengan keindahan bawah laut berupa berbagai ikan cantik dan terumbu karang berwarna-warni. Alternatif lain jika tak ingin bermain air, kamu bisa menjajaki penjual suvenir di sekitar atau mengepang rambut dengan jasa yang ditawarkan warga setempat.



 

No comments:

Post a Comment