Tuesday, March 20, 2018

7 SENJATA PERANG DUNIA KE II MEMATIKAN




Perang Dunia II, atau Perang Dunia Kedua (biasa disingkat menjadi PDII atau PD2), adalah sebuah perang global yang berlangsung mulai tahun 1939 sampai 1945. Perang ini melibatkan banyak sekali negara di dunia —termasuk semua kekuatan besar—yang pada akhirnya membentuk dua aliansi militer yang saling bertentangan: Sekutu dan Poros. Perang ini merupakan perang terluas dalam sejarah yang melibatkan lebih dari 100 juta orang di berbagai pasukan militer. Dalam keadaan "perang total", negara-negara besar memaksimalkan seluruh kemampuan ekonomi, industri, dan ilmiahnya untuk keperluan perang, sehingga menghapus perbedaan antara sumber daya sipil dan militer. Ditandai oleh sejumlah peristiwa penting yang melibatkan kematian massal warga sipil, termasuk Holocaust dan pemakaian senjata nuklir dalam peperangan, perang ini memakan korban jiwa sebanyak 50 juta sampai 70 juta jiwa. Jumlah kematian ini menjadikan Perang Dunia II konflik paling mematikan sepanjang sejarah umat manusia.
Nah berikut ini ada benda bekas peninggalan ppd 2 nih guys yuuk cekodoyyy>>>


1. MITSUBISHI J8M

11 Senjata Rahasia Jepang Selama Perang Dunia II

Jika Anda pikir ini terlihat mirip dengan Messerschmitt Me 163 Komet milik Jerman, maka tidak ada salahnya. J8M1, nama pesawat ini memang salinan lisensi yang dibangun dari pesawat Nazi tersebut. Tetapi Jerman tidak dapat mengirimkan versi fungsional ke Jepang. Sebaliknya, desainer Jepang harus mempelajari sendiri cetak biru yang terbatas.


2. M1 Garand
m1 garand
Pada awal perang, hampir setiap prajurit infanteri dalam setiap tentara besar dipersenjatai dengan senapan manual. Senjata yag akurat dan dapat diandalkan, tetapi menggunakan senjata ini perlu keasabaran, karena setelah menembak lawan diperlukan untuk mengokang kembali senjata ini. Senjata ini baik digunakan untuk memberikqn efek dalam pertempuran jarak jauh, tetapi secara signifikan terbatas tingkatanya, tergantung kepada penggunanya. Karena ingin meningkatkan kemampuan tentara mereka untuk menembak musuh mereka sebanyak mungkin, Angkatan Darat AS mempersenjatai mereka dengan Garand M1. Mudah digunakan, cepat kembali, dan memberikan US tingkat kekuatan superioritas tembakan atas setiap kekuatan yang mereka hadapi. M1 menjadi pendukung dari militer AS dan berada dalam jajaran senjata US yang aktif sampai 1963. Bahkan saat ini, beberapa pasukan  di seluruh dunia masih menggunakannya sebagai senjata seremonial untuk latihan dan dan dijadikan buruan untuk dikoleksi di kalangan warga sipil.

3. v3 Cannon, senjata terpanjang di dunia

v3 Cannon, senjata terpanjang di dunia
V3 cannon bisa dibilang senjata terpanjang yang pernah dibuat Nazi Jerman, pertama kali di ujia coba pada bulan mei 1944, senjata ini mampu mengkover area musuh sejauh 88 Km, setara Jakarta Bandung.

4. Anjing pengebom
 
Anjing pengebom
Sepintas serupa dengan tikus bom, Anjing pengebom ini pertama kali digunakan oleh Uni Soviet kala itu, untuk menahan serangan dari tank pihak Nazi Jerman, senjata ini menggunakan anjing yang membawa bahan sebanyak 30 kg.
Dilansir dari io9.com, Uni Soviet kala itu menggunakan 4000 anjing selama perang, dan tank yang dikabarkan berhasil dihancurkan sebanyak 300 buah.

5. ‘Katyusha’ – Peluncur Roket Ikonis Uni Soviet
Ada beberapa teori mengapa peluncur roket BM-13 diberi nama ‘Katusha’, yang merupakan nama perempuan Rusia. Seseorang bilang, suara yang dihasilkan senjata ini ketika meluncurkan roket sama dengan melodi lagu berjudul sama.
Peluncur ini kerap digunakan oleh Uni Soviet di garis depan timur selama Perang Dunia II – untuk Jerman, ia adalah pengganggu: suara proyektilnya yang lewat saat siang bolong membuat para tentara Nazi takut. Roketnya dapat menghancurkan apa pun di hadapannya, sambil menyebarkan peluru pecahan ke segala arah.
Sistem ini sangat efektif untuk menghadapi tentara infanteri, tapi tidak untuk menghancurkan tank dan kendaraan lapis baja – roketnya dilengkapi dengan peledak tinggi, bukan hulu ledak penembus lapisan baja. BM-13 adalah senjata yang sangat berharga dan memainkan peran penting saat membantu tentara Soviet mengeliminasi para penjajah Nazi dalam konflik paling berdarah di sejarah negara.

6. Submachine Gun Thompson

Perang Dunia II adalah konflik  pertama yang besar dimana mesin ringan datang sebagai senjata tempur. Ada beberapa dalam daftar ini, tetapi tidak ada yang lebih ikonik dari senapan mesin ringan Thompson. Setelah mencapai ketenaran pertama dalam Perang Saudara Irlandia dan di tangan para gangster dan penegakan hukum, Thompson diadopsi oleh Angkatan Darat AS sebelum dimulainya perang. Meskipun berat (lebih berat sedikit dari senapan Hefner, senapan mesin yang paling ringan ), itu adalah senjata yang sangat populer untuk pramuka, bintara, komando, dan pasukan payung, yang semuanya bernilai daya tinggi dan laju tembakannya. Penggunaan senjata dihentikan setelah perang, tetapi Thompson terus muncul di seluruh dunia di tangan tentara dan paramiliter. Ia bahkan melihat aksi dalam Perang Bosnia. Untuk prajurit yang membawanya dalam Perang Dunia 2, itu adalah alat yang sangat berharga untuk membuat mereka tetap hidup saat mereka berjalan, berlari, dan berjuang dengan cara mereka di seluruh Eropa dan Asia.

7. MG34/MG42
MG 34 Tripod
MG34 atau Maschinengewehr 34 adalah senapan mesin otomatis Jerman yang dikembangkan mulai tahun 1929 dengan menggunakan teknologi air-cooled. Pada masanya, senapan mesin ini adalah senapan mesin paling canggih dengan kemampuan menembak 800-900 peluru setiap detiknya. Senapan ini juga mempunyai berat yang cukup ringan untuk senjata sejenisnya, yaitu 12.1 kg.
Wehrmacht membutuhkan senjata infantri ringan yang cocok dengan doktrin strum-truppen mereka. Infantri yang mampu bergerak cepat, independen, dan mempunyai daya serang dan daya bertahan yang cukup. Karena itulah MG34 dan kemudian varian berikutnya yaitu MG 42 muncul. Senapan mesin ini cukup ringan untuk dibawa oleh satu orang personel, dan satu lagi asisten senapan untuk membawa amunisi. Senapan mesin ini berbeda dengan senapan mesin Jerman era Perang Dunia 1 yang berat dan repot untuk dibawa-bawa. MG 34 dan MG 42 cocok untuk dibawa dalam mobilitas tinggi karena ringan, ia juga anti macet karena mempunyai sistem pendingin air.
Selama babakan awal Perang Dunia 2, doktrin infantri Jerman sebagian besar berpusat pada senapan mesin. Satu senapan mesin dilindungi oleh beberapa infantri yang dipersenjatai senapan rifle, granat, dan peralatan pelindung lainnya. Doktrin strumtuppe atau pasukan serbu kilat ini nyaris tak tergantikan hingga tahun 1944, ketika StG 44 atau Sturmgewhr 44 mulai diperkenalkan. Dengan Stg 44, Jerman mulai berpindah pada doktrin assault infantri modern, seperti sekarang ini.

No comments:

Post a Comment