Sunday, March 18, 2018

7 TRADISI SUKU UNIK



Suku adalah sebuah realitas/ kenyataan dari kelompok masyarakat tertentu di daerah tertentu yang ditandai oleh adanya kebiasaan-kebiasaan dan praktek hidup yang hanya ada pada kelompok masyarakat itu sendiri (contoh: adat, budaya, kebiasaan).
ras adalah golongan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik; rumpun bangsa Dan berikut tradisi suku di berbagai dunia .



1.  Kayan (THAILAND)


Wanita leher panjang. 
Leher panjang ini bukan bawaan dari lahir. Mereka menggunakan kumparan atau gelang kuningan untuk dipasang pada lehernya sejak mereka berusia 5 tahun.
Gelang yang melekat di leher itu akan diganti secara berkala lho gais. Berat gelang tersebut membuat tulang selangka terdorong turun dan menekan tulang rusuk sehingga leher menjadi panjang gitu. Kumparan ini nggak akan dilepas kecuali akan di ganti yang lebih tinggi.

2. Dayak (INDONESIA)

Kamu bisa hitung antingnya biat tahu berapa umurnya. 
Pastinya Kamu pernah tahu saat berkujung ke suku dayak di Kalimantan sana.  Wanita suku dayak rata-rata memiliki telinga panjang yang menjuntai hingga ke pundak. Untuk memanjangkan telinga, wanita suku Dayak menggunkana anting logam atau emas dengan jumlah yang banyak.
Konon, Kamu bisa tahu umur wanita Dayak tersebut dengan cara cukup menghitung jumlah antingnya. Panjangnya telinga dan banyaknya anting juga bisa digunakan sebagai penanda trata sosial mereka.

3. Lotus Feet (CHINA)


Di China wanita yang punya kaki mungil dianggap memiliki keindahan dan kemakmuran. Pembuatan kaki ini dilakukan pada mereka sejak usia belia, yaitu pada usia 4-7 tahun. Kaki mereka dioleskan menggunakan ramuan tumbuh-tumbuhan dan darah hewan agar kaki jadi lemas dan ditekuk gitu.
Proses pembuatan kaki itu tergolong lama dan sakit lho. Mirisnya mereka juga bisa megalami infeksi yang menyebabkan kaki mereka berbau busuk. Agar bau busuk nggak nyebar, pemilik kaki mungil harus menggunakan kaus kaki. Tapi meskipun begitu wanita berkaki mungil lebih disukai oleh para lelaki lho!

4. Lip plate (EUTOPIA)


Wanita di Suku Mursi punya tradisi unik untuk menjadi cantik. Mereka  menggunakan piring di mulutnya. Konon semakin lebar mulutnya makan wanita tersebut semakin cantik lho. Wanita di suku Mursi ini menggunakan piring di bibir ini sejak berusia 13 tahun hingga 16 tahun.
Ibu mereka akan mengiris bibir bawah anaknya sepanjang 1 sampai 2 cm. Kemudian dimasuklah piring pada bibirnya yang lubang itu. Piring akan diganti secara berkala dengan yang lebih besar.

5. Eskimo (SIBERIA)

Dibiarkan-Mati-Membeku-Suku-Eskimo
Sahabatanehdidunia.com pasti sudah banyak yang tahu dengan yang namanya Suku Eskimo. Suku Eskimo atau yang biasa disebut dengan Suku Esquimaux adalah suku yang mendiami wilayah kutub bumi termasuk bagian paling timur wilayah Siberia. Namun sebagian besar wilayah Rusia dan Skandinavia tidak termasuk. Suku Eskimo memiliki ciri khas yang tidak banyak suku lain miliki, misalnya dari cara berpakaian, berburu makanan bahkan bangunan rumah. Hal ini disebabkan karena letak geografisnya yang berada di kutub secara otomatis mempengaruhi gaya dan cara hidup mereka. Namun ada satu tradisi lain dari Suku Eskimo yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang yakni tradisi mengungsikan orang yang sudah tua ke laut! Para orang lansia yang “diungsikan” ke laut dengan sengaja tersebut dibiarkan begitu saja hingga membeku dan akhirnya mati! Meski kesannya kejam dan seram akan tetapi orang Suku Eskimo sendiri menyebut bahwa tradisi tersebut adalah upaya untuk menghantarkan para orang tua kealam baka tersebut dengan menggunakan cara yang lebih bermartabat!

6. Mandan (AMERIKA)



Ritual-Okipa-%25E2%2580%2593-Suku-Mandan

Ternyata bukan Suku Matis saja yang memiliki tradisi atau ritual kedewasaan yang menyeramkan dan cukup kejam. Satu lagi ritual yang tak kalah menyeramkan yakni ritual Okipa yang kerap dilakukan p;ej Suku Mandan. Suku Mandan sendiri adalah suku Indian yang memang masih amat kental dengan tradisi nenek moyang. Bagi Suku Mandan, fase kedewasaan seseorang wajib melewati tahapan ritual yang dinamakan Okipa. Dimana para pemuda akan dipaksa berpuasa tidak makan dan minum selama 4 hari berturut-turut! Sebelum dimulainya ritual puasa tersebut, akan diawali dengan tarian bison terlebih dahulu. Setelah masa puasa 4 hari berakhir, para pemuda akan digiring ke sebuah tempat yang mirip dengan gubuk untuk kemudian dada serta bahu mereka ditusuk dengan posisi duduk serta wajah yang dipaksa tersenyum. Tidak berhenti disitu, ritual kedewasaan Okipa selanjutnya adalah menggantung mereka di atap gubuk hingga pingsan, lalu memindahkannya ke bawah kembali sampai mereka tersadar sendiri. Terakhir setelah mereka terbangun dan sadar, para pemuda Suku Mandan wajib untuk memotong jari kelingking mereka masing-masing!
7.Rahib (JAPAN)

10 Tradisi Paling Mengerikan Di Dunia

Sokushinbutsu adalah rahib Buddha atau imam yang menunggu kematian dengan cara menjadikan dirinya sebagai mumi. Praktek ini dilaporkan berjadi di utara Jepang sekitar Prefektur Yamagata, ada 16 hingga 24 mummi yang sudah ditemukan.
Tiga tahun para rahib hanya memakan makanan khusus yang terdiri dari kacang-kacangan dan biji-bijian, setelah itu hanya makan kulit dan akar-akar dalam tiga tahun serta minum teh berracun yang dibuat dari getah pohon.
Ini menyebabkan muntah dan cepat menghilangkan cairan tubuh, serta mematikan anggota tubuh yang bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh yang mampu menimbulkan kematian. Akhirnya, para rahib biasanya akan mengurung diri dalam ruangan batu yang ukurannya hampir tak lebih besar dari tubuhnya. Penghubung ke dunia luar cuma tabung udara. Setiap hari dia mengingatkan pada orang-orang diluar bahwa dirinya masih hidup.

No comments:

Post a Comment