Sunday, March 18, 2018

7 BONEKA SERAM DI BERBAGAI DUNIA

Boneka (bahasa Portugis: boneca) adalah sejenis mainan yang dapat berbentuk macam-macam, terutamanya manusia atau hewan, serta tokoh-tokoh fiksi. Boneka bisa dikatakan salah satu mainan yang paling tua, karena pada zaman Yunani, Romawi ataupun Mesir kuno saja boneka sudah ada. Namun fungsi, bentuk, maupun bahan pembuatnya ternyata berbeda sekali antara dulu dan sekarang.
Umumnya boneka dibuat sebagai mainan anak-anak, namun kadang-kadang digunakan untuk fungsi fungsi ritual yang berhubungan dengan alam atau hal-hal yang bersifat gaib ataupun mistik misalnya berupa upacara upacara ritual keagamaan pada zaman dulu, permainan jelangkung, sihir ataupun upacara pemanggilan roh. Seringkali boneka ditemukan pada makam-makam kuno atau situs-situs sejarah maupun prasejarah berikut adalah 7 boneka seram yang ada di dunia.


1.Mandy (INGGRIS-JERMAN)


Sumber gambar: google image

Mandy adalah boneka porselen yang diproduksi di Inggris dan Jerman antara tahun 1910 sampai 1920. Mandy disumbangkan ke Museum Quensel di British Columbia, pada tahun 1991 setelah pemiliknya mengeluh telah mendengar suara orang menangis di tengah malam dari boneka Mandy. Ketika boneka disumbangkan ke museum, salah seorang pekerja sempat kehilangan kotak makannya padahal tidak ada orang lain di sekitarnya. Selain itu, Mandy juga sering berulah dengan pengunjung yang tengah memotret dirinya. Mata Mandy akan mengikuti kemana kamera diarahkan.

2. Boneka ‘Robert (AMERIKA)



Boneka Robert sangat dipercaya membawa kutukan, saat ini ada di museum benteng Marcello Timur, Key West, Florida. Menurut cerita yang beredar, boneka tersebut dahulunya adalah milik seorang pelukis dan penulis Amerika Otto Gene.
Pada tahun 1906 Gene mendapatkan boneka dari seorang pelayan dari Bahama yang tanpa diketahuinya memiliki ilmu hitam. Pelayan tersebut tak menyukai keluarga Gene dan ingin melakukan sesuatu yang buruk pada mereka. Setelah itu berbagai kejadian aneh sering muncul dirumah Gene yang dipercaya berasal dari boneka Robert. Dan ketika Gene meninggal pada tahun 1974, boneka itu ditinggalkan begitu saja diloteng sampai suatu ketika rumah itu dimiliki oleh keluarga lain.
Pemilik rumah baru Gene mempunyai seorang putri berusia 10 tahun. Konon pada suatu malam gadis kecil itu tiba-tiba berteriak histeris dan mengatakan jika boneka Robert berjalan dan mencoba menyerangnya. Setelah di museumkan, Robert tidak sampai disitu. Cerita yang beredar pada saat itu mengatakan ketika ada pengunjung museum yang memotret Robert tanpa izin terlebih dahulu akan membawa celaka pada keluarga si pemotret tersebut.

3. Guman Thong (THAILAND)


Guman Thong adalah jimat ekstrem yang berasal dari kepercayaan masyarakat Thailand yang mencari berkah dari arwah bayi. Sebenarnya Kuman Thong memang terbuat dari janin bayi yang digugurkan atau memang mati di rahim. Dukun-dukun di Thailand percaya bahwa mereka dapat memanggil roh bayi dan memeliharanya agar mendapat efek magis.Lalu dari mana janin-janin bayi tersebut didapat? Kabarnya para dukun di Thailand mendapatkan janin bayi tersebut dari praktik aborsi ilegal. Lalu bayi-bayi tersebut dibakar hingga kering. Proses pembakaran tersebut dilakukan agar janin bayi tersebut menjadi awet. Lalu janin tersebut dicat dengan cat berwarna emas.

4. Boneka Haunted Doll Voodoo (GHANA)
Boneka Hantu Terseram Di Dunia

Boneka Haunted Doll Voodoo
Boneka ini tersimpan di dalam box metal yang dibeli oleh seorang wanita pada bulan Oktober 2004 lalu. Sang pemilik mulai merasakan keganjilan disaat pertama kali membuka box metal tersebut. Berawal dari itulah, tidak sedikit kejadian aneh yang dirasakan oleh sang pemilik bahkan nyawanya juga terancam.
Berbagai cara sudah dia lakukan dari mulau menyimpannya kembali kedalam box, membakarnya, dan menguburnya, bahkan pernah dijual. tapi kerja keras yang dia lakukan sia-sia saja, boneka tersebut tetap datang kembali padanya.
Pada akhirnya sang pemiliki meminta pertolongan pada seorang pendeta supaya boneka tersebut tak kembali lagi padanya.

5. Boneka Okiku (JAPAN)
Boneka Hantu Terseram Di Dunia

Boneka Okiku
Boneka Okiku Dari Jepang, Menurut penuturan orang yang pernah melihat boneka ini, boneka ini benar-benar seram. Bagaimana tidak seram boneka ini bisa menumbuhkan rambutnya sendiri secara terus menerus.
Menurut peneliti di jepang mengatakan bahwa dari hasil uji forensik rambut yang ditumbuhkan boneka tersebut sama persis dengan rambut pada anak usia 10 tahun. Boneka Okiku ada di kuil Mannenji di kota Iwamizawa Prefektur Hokkaido sejak tahun 1938.
Awalnya boneka ini dibeli tahun 1918 oleh seorang pemuda bernama Eikichi Suzuki di sapporo. Boneka ini dibeli Eikichi buat adiknya yang berusia 2 tahun yang bernama Okiku, anak ini sangat menyukai boneka ini dan memainkannya setiap hari.
Tapi, Okiku meninggal tidak lama setelah itu karena demam. Pada waktu pemakamannya, Pihak keluarga Okiku ingin memasukkan boneka tersebut di dalam peti mati nya tetapi entah kenapa mereka lupa. Keluarga gadis tersebut selanjutnya meletakkan boneka itu di altar rumah dan berdoa buat setiap hari dalam rangka memperingati Okiku.
Beberapa waktu selanjutnya, mereka melihat keanehan pada rambut boneka ini, rambut boneka tersebut mulai tumbuh. Menurut ceritanya ini adalah roh dari gadis itu yang berlindung di dalam boneka itu. Pada akhirnya boneka okiku dititipkan di kuil Mannenji di Hokkaido.

6. Boneka Annabelle (AMERIKA)
Boneka Hantu Terseram Di Dunia

Boneka Annabelle
Pada awalnya boneka ini dimiliki oleh seorang gadis bernama Donna. Boneka ini adalah hadiah pemberian ibunya. Donna sangat sayang dengan boneka tersebut dan membawanya ke apartemen kampusnya.
Di apartemen inilah boneka tersebut mulai menunjukan hal yang keanehan, seringkali boneka tersebut berpindah tempat padahal tak seorang pun yang memindahkannya.
Setelah itu diketahui ternyata boneka tersebut dimasuki oleh arwah seorang gadis kecil yang bernama Annabelle, yang ditemukan tewas bertahun-tahun lalu tepat di sekitar apartemen. karena boneka ini dianggap berbahaya, maka boneka ini disimpan di meseum yang dikelola oleh paranormal ternama diwaktu itu bernama Ed Warren dan Lorraine.

7. Jenglot (INDONESIA)

Jenglot adalah figur hominoid yang berukuran kecil (sekitar 10-17 cm), berkulit gelap dengan tekstur kasar (seperti mumi), berwajah seperti tengkorak dan bertaring mencuat, serta memiliki rambut dan kuku yang panjang. Jenglot ditemukan di beberapa wilayah di nusantara, misalnya Jawa, Kalimantan, dan Bali. Jenglot dipercaya memiliki kekuatan mistis dan memakan darah manusia. Masyarakat Indonesia meyakini jenglot sebagai makhluk yang memiliki kekuatan mistik dan dapat mengundang bencana. Secara medis, jenglot didefinisikan sebagai bukan makhluk hidup setelah diteliti oleh tim forensik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Melalui foto sinar Rontgen, tidak ditemukan unsur tulang (sebagai penyangga organ mahluk hidup) namun hal yang mengejutkan justru diperoleh dari penelitian DNA lapisan kulit jenglot yang mengelupas.
Setelah diperiksa oleh Dokter Djaja Surya Atmaja dari Universitas Indonesia, ternyata lapisan kulit itu memiliki DNA mirip primata sejenis manusia. Akan tetapi, penyelidikan asal usul jenglot secara medis hanya dihentikan sampai di sana karena pemilik jenglot tidak mengizinkan jenglot dibedah, agar tidak ada hal buruk yang terjadi.
Legenda jenglot juga diangkat ke dunia hiburan, terutama untuk tema misteri dan supranatural. Film Indonesia berjudul Jenglot Pantai Selatan disutradarai oleh Rizal Mantovani, dirilis pada Februari 2011.
Ada juga kesimpulan yang mengatakan jenglot itu dibuat dengan proses mumifikasi dari beberapa spesies, seperti kepala monyet yang disambung dengan ekor kuda sebagai rambutnya.
Menurut mitos jenglot dikatakan bahwa dulunya adalah manusia yang memiliki ilmu batara karang yang tubuhnya makin lama makin mengecil.
Jenglot banyak di perjualbelikan,tapi kebanyakan tidak lebih dari hanya sekadar boneka yang di bentuk sedemikian rupa menggunakan kulit tupai,kelelawar atau binatang lainnya.
Jenglot yang asli dapat di manfaatkan untuk mengambil harta terpendam dari dalam tanah,caranya jenglot di beri makan darah dari golongan darah o,kemudian jenglot akan masuk ke dalam tanah menarik harta terpendam seperti emas.Namun jenglot yang asli sangatlah langka dan tidak mungkin di perjualbelikan.

JADI MAU PILIH BONEKA YANG MANA NIH BUAT DI RUMAH ?

No comments:

Post a Comment